Kepala Bappeda Bone Dorong Perempuan Jadi Pengusaha Kecantikan -->
Cari Berita

Kepala Bappeda Bone Dorong Perempuan Jadi Pengusaha Kecantikan

BUGISWARTA.com, Bone--Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Ade Fariq Ashar, mengajak perempuan untuk terjun sebagai entrepreneur dalam industri kecantikan. 

Hal tersebut diungkapkan saat memberikan sambutan pada acara wisuda dan penyerahan sertifikat kursus "Beauty For a Better Life (BFBL)" Kelas Tata Rias Rambut angkatan tujuh dan delapan tahun 2024. Wisada sebanyak 40 alumni BFBL Bone itu dilaksanakan diaula pertemuan kantor Bappeda Kabupaten Bone, Kamis, 29 Agustus 2024.

Ade Fariq Ashar menekankan pentingnya mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama kursus untuk memberikan manfaat tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi masyarakat luas. Ia juga mengatakan industri kecantikan sebagai peluang besar bagi mereka yang memiliki keterampilan di bidang ini.

"Istri saya sendiri kalau ada acara, subuh-subuh sudah bangun untuk berdandan. Industri kecantikan berkembang dan semakin maju, ini peluang besar karena selalu mau tampil cantik dan secara statistik, jumlah perempuan selalu lebih banyak dari pria jadi ini adalah tantangan sekaligus peluang besar bagi yang memiliki skill dibidang kecantikan" Ade mengungkapkan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Serikat Pekka Bone, Andi Amang, juga menyampaikan harapannya agar alumni BFBL Bone dapat memanfaatkan ilmu dan keterampilan yang telah diperoleh selama kursus untuk meningkatkan kualitas hidup mereka, baik secara pribadi, keluarga, maupun masyarakat luas.

Trainer BFBL Bone, Jumarni, menambahkan bahwa kursus kecantikan tata rias rambut yang diselenggarakan telah menghasilkan ratusan alumni. Peserta kursus selama empat bulan ini tidak hanya berasal dari Kabupaten Bone, tetapi juga dari kabupaten tetangga.

Jumarni menegaskan pentingnya menjaga solidaritas antar alumni di tengah persaingan dalam dunia usaha. "Persaingan itu mutlak dalam dunia usaha, tapi saya berharap alumni tetap menjaga solidaritas. Jika harus bersaing, bersainglah secara sehat dan tetap utamakan kebersamaan serta persaudaraan di antara kalian," tuturnya.

Lebih lanjut, Jumarni menjelaskan bahwa kursus kecantikan rambut BFBL yang dilaksanakan secara gratis dengan dukungan penuh dari L'Oréal dan diorganisir oleh Serikat Pekka bukanlah kursus murahan. "Tidak semua yang gratisan itu kualitasnya jelek. Selama peserta menyimak materi dengan baik, rajin berlatih, saya yakin alumni kami mampu bersaing dalam industri kecantikan rambut," tegasnya.

Sekadar diketahui BFBL Bone adalah program yang diselenggarakan oleh L'Oréal Indonesia bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) Bone. Program ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan melalui kursus tata rias kecantikan rambut, dengan fokus menciptakan kemandirian ekonomi bagi para peserta.

Pusat kegiatan BFBL Bone berlokasi di Center Pekka Bone, Jl. Andi Celleng, Kelurahan Cellu, Watampone. Hingga kini, program tersebut telah menghasilkan ratusan alumni, banyak di antaranya yang kini telah mandiri dan berkarir di industri kecantikan sebagai pengusaha maupun tenaga profesional. (mg 02)